Selasa, 20 September 2011

Kejuaraan Bola Voli Asia Tim Putra Indonesia Jumpa China, Sri Lanka, dan Uzbekistan

Tim bola voli putra Indonesia berada di Grup B bersama China, Sri Lanka dan Uzbekistan pada Kejuaraan Bola Voli Senior Asia, 21 September di Teheran, Iran.

Kejuaraan Asia Senior XVI itu akan dipertandingkan di Kompleks Stadion Azadi, satu kompleks dengan lokasi pertandingan sepak bola ketika tim Indonesia berhadapan tuan rumah Iran di ajang Pra Piala Dunia awal September lalu.

Seperti dikutip dari situs resmi Konfederasi Bola Voli Asia (AVC), Grup A akan diikuti India, Afghanistan, Cina Taipei, dan tuan rumah Iran. Grup C: Jepang, Pakistan, Thailand dan Kazakhstan, sedangkan Australia, Qatar, Turkmenistan dan Korea berada di Grup D.

Pertandingan babak penyisihan akan digelar 21-23 September. Dua tim dari masing-masing grup akan maju ke babak kedua yang akan menempati Grup E dan F dan akan bertanding pada 25-26 September.

Sedangkan penentuan peringkat untuk perempat final digelar pada 27 September. Pertandingan semifinal dan final akan digelar pada 28 dan 29 September.    

Dalam kejuaraan ini Jepang tampil sebagai juara bertahan setelah merebut gelar pada edisi terakhir di Manila, Filipina. Korea dan China akan bermodalkan pengalaman mereka untuk memperbaiki masing-masing di peringkat ketiga dan keempat dari kejuaraan sebelumnya. 

Indonesia bersama Taiwan, India, Pakistan, Qatar, Thailand, Sri Lanka, dan Uzbekistan selalu berpartisipasi pada kejuaraan ini, namun belum pernah mencicipi gelar juara. Sedangkan Afganistan dan Turkmenistan akan membuat debut mereka di kejuaraan.

Kejuaraan ini juga dimaksudkan sebagai persaingan bagi ke-16 tim Asia yang akan memperebutkan tiket kualifikasi pada Piala Dunia 2011 FIVB di Tokyo, Jepang pada bulan November.

Rombongan tim Indonesia terdiri atas 12 pemain dan dipimpin Manajer Tim Paulus Waterpauw telah berangkat ke Teheran pada Minggu (18/9) malam. (Ant/OL-2) 

1 komentar: